Cara membuat file koneksi pada php

Apa sih file koneksi itu?

File koneksi biasanya digunakan untuk menghubungkan kode (perintah) yang disusun dengan data yang ada pada database. Koneksi file digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk pendataan dan lain sebagainya, tapi di masa kini file koneksi ini untuk mempercepat loading sebuah halaman web dan juga untuk membuat web tersebut menjadi dinamis (data web tidak tetap dan dapat diedit sesuai kebutuhan melalui satu kali klik). Jadi Koneksi file itu digunakan untuk menghubungkan susunan kode dengan data, seperti untuk menambahkan data, menampilkan data, merubah data juga menghapus data dan istilahnya disebut dengan CRUD (Create, Read, Update dan Delete). Jadi sampai sini udah paham?

Seperti apa cara kerja file koneksi?

sebelum kita memahami seperti apa cara kerjanya coba lihat susunan kode dibawah ini:

kode di atas adalah koneksi file yang sangat simple dan mudah digunakan, dengan fungsi php PDO. Sekarang kita bahas satu persatu, perhatikan pada masing – masing kode diatas yang akan saya jabarkan dibawah ini:

try = digunakan untuk mencoba sebuah query (susunan perintah dalam kode);

$db = adalah sebuah variable yang digunakan untuk menjalankan sebuah query;

new digunakan untuk membuat sesuatu yang baru;

PDO = sebuah perintah dengan feature PDO (Php Data Object);

mysql = adalah database yang digunakan oleh user karena banyak macamnya seperti postgre dan lain sebagainya;

host = localhost = adalah host (server) yang kita punya, jika sifatnya online, localhost dapat kita ganti dengan nama host pada hosting yang kita gunakan, karen ini sifatnya online maka digunakan nama localhost;

dbname = mydb = adalah nama database yang kita buat, mydb dapat diganti dengan nama databse yang kita buat di database kita, kita bisa membukanya di phpmyadmin;

root = secara default pada localhost kita username dari database (phpmyadmin atau sql);

password = password adalah password dari database kita, pada OS windows secara default (standar) password tidak di set saat pengguna menggunakan xampp sebagai server, namun pada OS linux ini akan perlu dibuatkan password, maka jika kalian pengguna windows, sebaiknya password di kosongkan.

Bagaimana cara membuat file koneksi?

Cara membuat file koneksi sangat mudah, seperti apa yang telah kalian lihat di atas, namun pada kesempatan kali ini akan saya bahas tentang dua hal yang berhubungan dengan membuat file koneksi, karena sampai hari ini ada dua feature yang digunakan oleh para web designer untuk membuat file koneksi, yaitu dengan feature mysqli atau pdo, perhatikan 2 (dua) buah kode di bawah ini:

Kode 1: file koneksi dengan feature mysqli

Kode 2: file koneksi dengan feature pdo

Bagaimana keduanya dapat melakukan hal yang sama yaitu menghubungkan susunan kode dengan database pada mysql? titik persamaannya adalah pada nama host, nama database, nama user dan password. perhatikan pada baris kode di bawah ini

kode di atas digunakan untuk mengecek dan menampilkan pesan gagal (error) pada feature mysqli. Perhatikan baris kode di bawah ini:

kode di atas digunakan untuk mengecek dan menampilkan pesan gagal (error) pada feature pdo.

Bagaimana menghubungkan file koneksi dengan database?

Jika ada pesan error seperti di bawah ini

itu tandanya database yang kita hubungkan belum dibuat, nah coba sekarang ikuti langkah berikut di bawah ini:

  • Buka Browser (GC, FF, IE) terserah mau yang mana;
  • ketik localhost/phpmyadmin
Cara membuat file koneksi - php my admin
Cara membuat file koneksi – php my admin
  • Klik pada menu databases
membuat file koneksi - phmyadmin
membuat file koneksi – phmyadmin
  • Ketikkan nama database sesuai dengan yang kita buat pada file koneksi yaitu mydb lalu klik tombol create.

Untuk dapat menghubungkan file koneksi dengan database ini sangat mudah, sekarang tinggal dibuka tab baru pada browsernya (chrome, ie, ff) lalu ketikkan localhost/nama_folder_project/connection.php ganti nama_folder_project dengan nama folder yang kamu buat. jika berhasil maka pesan error akan hilang.

Kesimpulan

Jadi antara dua hal ini yaitu koneksi (connection.php) dengan database (mysql) harus saling memiliki kesamaan satu sama lain untuk dapat mengakses data yang dimiliki pada kedua hal tersebut. Seperti halnya kamu dengan pacar kamu atau dengan keluarga kamu, pasti satu sama lain memiliki informasi yang sama meskipun tidak semuanya harus sama, tapi minimal untuk menemukan kerukunan dan kesuksesan dari hal – hal yang sama itulah perlu dipersatukan supaya menjadi keutuhan yang utuh.

Tags:
admin
admin

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *