Cara membuat form register / registrasi dengan php

Pada kesempatan kali ini perkenanan saya untuk membahas bagaimana cara membuat sistem registrasi dengan php. Pastinya teman – teman yang sudah tidak asing lagi dengan php, mungkin tidak lagi membutuhkan hal ini, tapi bagaimana dengan teman – teman yang baru belajar? Saya harap article kali ini dapat membuat etman – teman menjadi paham bagaimana sebuah kode disusun dan dieksekusi. Baiklah sekarang kita mulai saja menyiapkan segalanya.

Persiapan dan Bahan

  1. Buatlah sebuah table dengan nama ‘pendaftaran’ yang memiliki 5 kolom (‘id‘,’username‘,’email‘,’password‘,’parent‘) gunakan default 0 pada parent, dalam database yang pernah kita buat sebelumnya yaitu ‘mydb’. lihat disini
  2. Isilah table tersebut dengan menggunakan menu insert dengan data sebagai berikut: username = admin email = admin@admin.com password = admin parent = 0;
  3. Siapkan kopi dan cemilan πŸ˜€
  4. Silahkan buka IDE (code editor) seperti sublime, notepad++ atau apapun itu yang kamu miliki.
  5. Mulai membuat file dengan nama registration.php

berikut tampilan kodenya:

Nah, sekarang coba kita hidupkan xampp control panel dan aktifkan apache dan sqlnya (jika sudah aktif lewati langkah ini), lalu kita buka browser dan ketikkan localhost/nama_project/registration.php pada url bar browser. maka akan tampil gambar seperti dibawah ini:

Cara membuat form register dengan php - registration.php
Cara membuat form register dengan php – registration.php

Tahap ini baru permulaan belum selesai dan belum apa – apa, nah sekarang kita kembali ke IDE dan tambahkan form dibawahnya, dimana form tersebut akan memuat field nama lengkap, email dan password kurang lebih kodingannya seperti yang tampak di bawah ini:

Nah, Sekarang coba masuk lagi ke browser dan reload, akan jadi seperti apa tampilannya? jika tidak ada masalah maka kita akan mendapatkan tampilan seperti gambar yang ada di bawah ini:

Membuat form register dengan php - registration.php
Membuat form register dengan php – registration.php

Penulisan algorithm

Nah, Sekarang form sudah jadi, sekarang kita buat algorithmanya untuk dapat menyimpan apa yang kita ketik ke dalam database. Kita kembali ke IDE dan mengetikkan kode seperti dibawah ini:

Simpan kode di atas dibawah taqΒ <form> sehingga akan tampak seperti di bawah ini:

Sekarang kita kembali ke browser dan merefreshnya, apa yang terjadi? pastinya tidak akan ada yang terjadi sebelum kita menginput data yang kita akan masukkan ke database! Sekarang cobalah ketik pada field masing – masing sesuai dengan perintah yang ada pada fieldnya, lakukan klik pada tombol simpan. Contoh Gambarnya dibawah ini:

Cara membuat form register - registration.php
Cara membuat form register – registration.php

dan jika terjadi error seperti gambar di bawah ini, maka apa yang harus kita lakukan?

Membuat form register dengan php -registrtation.php
Membuat form register dengan php -registrtation.php

yang harus kita lakukan adalah dengan menautkan halaman koneksi pada halaman pendaftaran ini yaitu dengan menggunakan metode ‘include‘ kita buka kembali IDE nya dan kita tambahkan kodenya, sehingga menjadi tampak seperti dibawah ini:

nah, sekarang kembali ke browser dan reload, sekarang coba masukkan data sesuka hati dan klik tombol simpan! apa yang terjadi? jika yang muncul “pendaftaran gagal! Silahkan ulang!” seperti gambar berikut:

Membuat form register pada php - registration.php
Membuat form register pada php – registration.php

berarti ada yang kurang datanya apabila yang muncul “pendaftaran berhasil” seperti pada gambar berikut:

Membuat form register dengan php - registration.php
Membuat form register dengan php – registration.php

maka kamu sudah selesai membuat sebuah formulir pendaftaran.

Kesimpulan.

Tidak ada kesempurnaan yang sempurna, melainkan terus disempurnakan! Jangan menyerah kita orang biasa akan menjadi manusia luar biasa melalui ilmu pengetahuan yang kita miliki. Salam 10JARI Coding!

admin
admin

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *